Bahan-Bahan Berbahaya Kosmetik Yang Harus Dihindari

Kosmetik adalah alat kecantikan wanita yang tidak bisa dipisahkan. Ketika bepergian, baik ke kantor, pesta pernikahan, arisan atau ke tempat penting lainnya wanita harus bermake up terlebih dahulu menggunakan kosmetik. Namun banyak wanita yang tidak sadar bahwa kosmetik ada yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kulit. Ada baiknya sebelum membeli kosmetik, Ladies terlebih dahulu memeriksa apakah kosmetik yang ingin dibeli mengandung bahan berbahaya di bawah atau tidak. Simak ulasannya berikut ini, bahan-bahan berbahaya kosmetik yang harus dihindari apa saja yang terdapat di dalam kosmetik.

Bahan-Bahan Berbahaya Kosmetik Yang Harus Dihindari

Bahan-Bahan Berbahaya Kosmetik Yang Harus Dihindari

1. Nitrosamine

Bahan ini merupakan racun yang produktif yang hampir ditemukan di setia produk perawatan kulit, shampoo bayi, maskara, dan masih banyak lagi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bahan ini bisa menyebabkan kanker

2. DEA (Diethanolamine)

Bahan DEA berupa emulsifier yang digunakan dalam sabun atau shampoo. Bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan juga mata. Jika tidak dibersihkan, maka bahan ini bisa berakibat fatal dalam jangka panjang.

3. Paraben

Bahan ini sangat berbahaya bagi tubuh. Bahan ini memiliki efek pada hormon estrogen di tubuh. Jika berakibat fatal, bahan ini bisa menyebabkan kista ovarium, gangguan lemak di tubuh, ensdometriosis, bahkan ketidakseimbangan hormon.

4. Formaldehida

Bahan formaldehida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan sel. Bahan ini banyak ditemukan di produk cat kuku.

5. BPA

Bahan ini biasanya ditemukan di dalam plastik. Bahan ini sangat berbahaya karena dapat mengubah sel lemak ketika berinteraksi dengan insulin. Zat ini bisa menyebabkan obesitas karena bahan beracun ini mengandung banyak lemak dan meningkatkan ukuran sel tubuh

6. Phthalates

Bahan ini dapat mengganggu hormon alami seperti estrogen. Bahan ini banyak terdapat di pembuatan botol air, sabun, shampoo dan beberapa produk kosmetik.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki zat kimia ini akan cenderung mengalami obesitas abnormal dan resistensi pada insulin yang menyebabkan masalah pada kesuburan.

Sebaiknya ketika membeli produk kosmetik, periksa terlebih dahulu komposisi yang terkandung di dalamnya. Agar tidak berdampak buruk pada tubuh Ladies untuk jangka panjang.