Cara Efektif Memutihkan Gigi Menggunakan Arang

Cara Efektif Memutihkan Gigi Menggunakan Arang – Memiliki gigi yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang sehingga tak jarang kita temui antrian panjang pada klinik praktek dokter gigi. Sebenarnya gangguan kesehatan gigi didasari oleh gaya hidup manusia yang kurang sehat, sehingga memicu timbulnya beberapa masalah pada gigi. Selain itu tingkat kadar asam pada air ludah juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning serta memiliki banyak kerak.

Cara Efektif Memutihkan Gigi Menggunakan Arang

Cara Efektif Memutihkan Gigi Menggunakan Arang

Perlu kita ketahui bahwa pada masa lalu sebelum berkembangnya teknologi pada bidang kesehatan khususnya untuk perawatan gigi para pendahulu kita menggunakan beberapa metode untuk memutihkan gigi, salah satunya dengan menggunakan arang. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa cara ini cukup aneh dan tergolong rumit tapi jangan salah, memutihkan gigi menggunakan arang kayu benar-benar terbukti dan hingga sekarang masih banyak masyarakat yang menerapkan metode ini.

Saya sendiri pada masa kanak-kanak sering menggosok gigi menggunakan arang, hal tersebut saya tiru dari nenek saya, kebetulan waktu itu rumah kami masih menggunakan dapur tradisional dan berbahan bakar kayu sehingga tentunya banyak ditemui arang. Arang hasil pembakaran inilah yang kemudian saya gunakan untuk menggosok gigi dan ternyata hasilnya memang bisa dikatakan cukup ampuh untuk menghilangkan noda kuning pada gigi.

Adapun dua metode yang dapat dilakukan jika ingin menggunakan arang sebagai pemutih gigi yaitu:

1. Menggunakan arang yang masih berbentuk padat, gosokkan arang tersebut pada permukaan luar gigi serta permukaan sisi dalamnya, sebaiknya gunakan arang yang berukuran sedang saja agar dapat menjangkau bagian-bagian sempit pada susunan gigi. Gosok dengan cara naik turun dan usahakan agar tidak menyentuh email gigi serta hindari menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi.

2. Selain menggunakan arang yang berbentuk padat, anda bisa juga menghancurkan arang tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Gunakan jari anda sebagai penggosok gigi dan medianya adalah butiran-butiran arang yang telah halus tadi. Gosokkan secara merata pada setiap permukaan gigi, setelah dirasa cukup maka bersihkan dengan air.

Kedua cara di atas saya sarankan agar dilakukan seperlunya saja, sebaiknya sekali hingga dua kali seminggu. Mengapa saya sarankan demikian,? karena apabila dilakukan terlalu sering atau bahkan tiap hari maka bisa menyebabkan kerusakan email gigi. Sejatinya cara ini hanya berfungsi untuk menghilangkan noda kekuning-kunginan pada gigi. Jadi menggosok gigi menggunakan arang belum tentu dapat menghilangkan kotoran terutama yang berada pada celah-celah gigi, maka sebaiknya harus dibarengi dengan cara seperti biasa yaitu menggunakan sikat gigi.

Sekian tips kali ini mengenai cara memutihkan gigi menggunakan arang, semoga bermanfaat bagi kita semua. Rawatlah kebersihan gigi anda karena dengan memiliki gigi yang putih bersih maka tentunya semakin menambah kepercayaan diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.