Cara Mencegah dan Penyebab Jerawat Secara Alami

Cara Mencegah dan Penyebab Jerawat Secara Alami.Obat penyebab jerawat saat ini banyak beredar di pasaran dengan beragam harga dan merek. Penyebab timbulnya jerawat yang umum dikenal adalah berasal dari makanan dan kebiasaan yang tidak sehat. Perlu anda ketahui bahwa jerawat atau acne vulgaris adalah jenis gangguan pada kulit. Gangguan tersebut dapat berbentuk komedo, bisul kemerahan (besar atau kecil) dan peradangan kulit yang cukup parah. Gangguan kulit tersebut dapat muncul pada bagian tubuh anda seperti daerah punggung, dada dan yang paling mengganggu adalah daerah waja. Ingat, wajah adalah hal pertama yang memberikan kesan saat anda bertemu dengan teman, saudara, pacar, sahabat, ataupung musuh anda. Yang terakhir itu adalah candaan. Baca juga cara mengatasi jerawat.

Cara Mencegah dan Penyebab Jerawat Secara Alami
Cara Mencegah dan Penyebab Jerawat Secara Alami

Tahukah anda bahwa penyumbatan pori-pori pada kulit adalah penyebab utama munculnya jerawat? Para ahli kesehatan mendapati bahwa minyak, sel kulit mati dan bakteri adalah 3 penyebab jerawat yang paling sering ditemui. Karena area wajah, dada dan punggung adalah area yang memiliki pori-pori banyak dan sering bersinggungan dengan udara luar, maka sangatlah wajar jika jerawat sering muncul di area tersebut. Jadi cara paling alami dan aman untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan membersihkan wajah, punggung dan dada secara rutin.

3 Penyebab Jerawat dan Komedo

Mari kita pelajari penyebab jerawat secara lebih mendetil. Kita akan menjelaskan kenapa minyak, sel kulit mati dan bakteri dapat menjadi penyebab jerawat selain makanan.

Minyak

Di dalam tubuh manusia terdapat kelenjar minyak (sebaceous) yang terhubung dengan kantung rambut. Kelenjar tersebut berfungsi untuk mensekresikan senyawa kimia yang disebut sebum. Sebum sendiri sangat berguna untuk menjaga kulit dan rambut tetap lembab dengan minyak.

Seseorang yang berada pada kondisi normal akan mensekresikan sebum dengan kecepatan yang sama. Sebum tersebut disekresikan secara terus-menerus dengan melewati kantung/folikel rambut yang selanjutnya menuju kulit. Namun hal tersebut tidak terjadi pada orang yang berada dalam kondisi khusus seperti wanita yang akan dan sedang menstruasi, wanita hamil, usia remaja baik laki maupun perempuan dan orang yang begadang. Pada kondisi tersebut, kerja kelenjar minyak akan bersifat hiperaktif  sehingga menghasilkan sebum berlebih.  Kelebihan sebum inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat karena folikel rambut tersumbat dan mengalami peradangan.

Baca: Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

Sel Kulit Mati

Tubuh manusia mengalami metabolisme untuk pertumbuhan dan perkembangan. Metabolisme tersebut menggunakan sejumlah asupan tertentu dan menghasilkan zat metabolit. Zat tersebut ada yang diperlukan oleh tubuh, ada juga yang tidak diperlukan termasuk metabolisme pada kulit.

Sel kulit manusia juga mengalami siklus kehidupan yaitu hidup dan mati. Sel kulit mati diduga berasal dari proses keratinisasi. Proses tersebut dipercepat dengan adanya infundibulum folikel rambut. Proses keratinisasi menghasilkan pengerasan sel kulit ari yang umum disebut dengan sel kulit mati. Sel kulit ari yang telah mati tersebut akan menutupi folikel rambut sehingga penyumbatan terjadi. Kondisi tersebut menjadi penyebab munculnya komedo. Selain itu proses keratinisasi pada kulit dipicu oleh stimulasi fisik dan sinar UV. Oleh karena itu terpaparnya kulit oleh sinar matahari secara berlebih dapat memperparah jerawat anda.

Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh cepat pada sel kulit mati tersebut. Pemcahan senyawa lipid menjadi asam lemak pada folikel yang tersumbat dapat  menyebabkan terjadinya peradangan kulit.

Bakteri penyebab jerawat

Perlu anda ketahui bahwa bakteri bukanlah penyebab langsung munculnya jerawat. Bakteri memperparah kondisi kulit yang berjerawat karena bakteri tersebut memecah senyawa lipid menjadi senyawa asam lemak “bebas” yang bersifa irritant bagi kulit. Pemecahan senyawa lipid tersebut dibantu oleh enzim lipase. Pertumbuhan bakteri bersifat logaritmik umumnya dua pangkat n dengan n adalah setiap 20 menit. Efek adanya bakteri dapat secara cepat diketahui jika terjadi peradangan kulit.

Ilustrasi pembentukan jerawat dengan melibatkan ketiga faktor diatas disajikan pada berikut.

Perhatikan pola dan gaya hidup anda sehingga anda dapat meminimalisir penyebab terjadinya jerawat tersebut di tubuh anda. Perhatikan juga kebersihan dan makanan anda. Kulit adalah pelindung pertama dari gangguan lingkungan. Kenali penyebab jerawat dan gunakan obat jerawat jika perlu.