Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami.Jenis jerawat yang paling parah adalah yang disebut dengan jerawat batu. Selain bentuknya yang besar-besar (makanya disebut jerawat batu) sehingga sangat mudah terlihat, jenis ini juga yang paling menyakitkan sehingga membuat orang yang berjerawat sangat menderita. Sebagian orang bahkan mengalami demam ketika peradangan terjadi.

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami
Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Jerawat batu merupakan jenis jerawat dimana peradangan terjadi cukup dalam dan besar. akibatnya benjolan jerawat yang terbentuk juga sangat besar, bahkan dapat diukur dalam hitungan centimeter. Benjolan dari jerawat batu terlihat mengkilat seperti berisi cairan di bawah permukaan kulit, terasa lembut di permukaannya, akan tetapi terasa sangat menyakitkan. Sedikit gerakan pada kulit cukup untuk menimbulkan rasa “nyut-nyut an” yang menyebalkan. Itulah beberapa ciri utama yang ditimbulkan oleh jerawat batu.

Pada bagian wajah, jerawat batu dapat muncul di mana saja, bisa di ujung atau lekukan samping hidung, dagu, dahi, pipi dll. Penyebabnya bisa dikatakan sama seperti Mengobati Jerawat” pada umumnya yaitu kelebihan produksi sebum, penyumbatan saluran folikel rambut serta campur tangan bakteri penyebab jerawat. Perbedaan dengan jerawat tipe lainnya terdapat pada tingkat dan lokasi peradangan  yang terjadi.

Peradangan pada jerawat batu terjadi cukup dalam. Pada mekanisme pembentukan jerawat, jika penyumbatan saluran folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum terjadi dekat permukaan kulit, maka benjolan jerawat akan mudah sembuh/hilang. Akan tetapi jika penyumbatan terjadi pada lapisan yang lebih dalam, maka peradangan yang terjadi akan lebih parah. Derah peradangan dapat tertutup oleh membran dari epidermis kulit yang terbentuk, dan bisa dikatakan bahwa derah terinfeksi terlindungi atau terbungkus oleh sel epidermis sehingga menyulitkan untuk proses penyembuhan. Kasus inilah yang terjadi pada jerawat batu, sehingga apabila dibiarkan saja jerawat batu memerlukan waktu yang lama untuk proses penyembuhan/penghilangan.

Sebagian orang tidak melakukan apa-apa ketika menderita jerawat batu. Sebagian melakukan treatment dengan dokter kulit dan sebagian lainya berinisiatif berusaha menghilangkan jerawat secara fisik seperti mencungkil atau memencet jerawat batu. Konsultasi dan pengobatan ke dokter kulit atau ahli kecantikan merupakan langkah yang paling tepat, mengingat kondisi peradangan yang cukup parah, maka pengobatan secara intensif akan mempercepat penyembuhan dan menghilangkan jerawat. Adapun usaha fisik seperti memencet atau mencungkil sebaiknya dihindari karena tindakan ini dapat merusak kulit dengan meninggalkan bekas luka yang tidak hilang.

 Tips Pengobatan Jerawat Batu Secara Alami

Pengobatan jerawat batu oleh dokter kulit atau ahli kecantikan dilakukan melalui berbagai metode, baik oral, topical maupun tehnik penyuntikan atau pembedahan. Penderita jerawat batu akan diberikan oral antibiotic atau oral kontrasepsi (khusus untuk wanita), dilakukan pembedahan kecil terhadap benjolan untuk mengeluarkan cairan yang terinfeksi, serta penyuntikan obat secara langsung ke daerah luka untuk mengurangi peradangan dan mengecilkan benjolan. Pengobatan topical dengan krim, lotion, gel dll akan diberikan sebagai bagian dari perawatan jerawat batu yang dilakukan oleh penderita dirumah.

Baca: Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

Pengobatan lain dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk pengobatan jerawat seperti temulawak, daun sirih, bawang putih, jeruk nipis, mengkudu, belimbing wuluh, mahkota dewa, lidah buaya, baking soda, putih telur, kentang, madu, kunyit, serta aspirin baik secara oral atau topical sebagai masker. Nah, sampai disini dulu bahasan kita mengenai jerawat batu dan tips pengobatan jerawat batu. Semoga lain kali dapat diuraikan lebih jelas lagi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda terutama yang sedang bermasalah dengan jerawat batu.