Cara Mengatasi Jerawat Kistik dengan Cepat

Cara Mengatasi Jerawat Kistik dengan Cepat – Memiliki jerawat tentu bagi sebagian besar orang adalah mimpi buruk untuk penampilan. Benar saja, masalah kulit yang diklaim sebagai masalah kulit yang pasti dialami oleh setiap orang ini dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik dengan munculnya bentolan berwarna pucat ataupun merah muda pada area wajah yang menimbulkan kesan kurang klinis. Terlebih jika bentolan jerawat tersebut muncul di daerah wajah yang mudah diekspos oleh mata seperti hidung ataupun dagu. Alasan itulah yang membuat banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk melakukan treatment ataupun membeli produk kecantikan sebagai cara mengatasi jerawat yang muncul pada wajah.

Cara Mengatasi Jerawat Kistik dengan Cepat

Cara Mengatasi Jerawat Kistik dengan Cepat

Jerawat sendiri dapat timbul dikarenakan pori-pori kulit mengalami penyumbatan yang menyebabkan peradangan dengan munculnya kantung nanah(benjolan jerawat). Jerawat juga dikategorikan dalam banyak jenis, namun jerawat batu atau yang juga dikenal dengan nama jerawat kistik adalah salah satu yang paling parah.

Jerawat kistik dapat ditimbul akibat penyumbatan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, bakteri ataupun minyak telah masuk cukup dalam kebagian kulit. Hal tersebut membuat bentolan pada kulit bernanah yang dapat bertahan by TermTrident” href=”#2245894″> hingga bertahun-tahun muncul.

Jika anda kiranya mengalami masalah dengan jerawat jenis ini, cara mengatasi jerawat kistik yang terbaik adalah dengan berobat ke dokter ahli kulit. Hal dikarenakan, jenis jerawat ini tidak sama dengan jenis jerawat biasa yang dapat diobati hanya dengan rajin mencuci muka dan menggunakan produk anti jerawat.

Umumnya sebagai cara mengatasi jerawat kistik ini, dokter ahli kulit akan memberikan memberikan resep obat-obat sebagai berikut ini:

  • Antibiotik(membunuh bakteri penyebab peradangan)
  • Lotion/ krim atau gel yang mengandung retinoid( untuk membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat)
  • Pil KB( biasanya diberikan kepada wanita untuk membantu mengatur hormon)
  • Spironolactone( obat ini merupakan obat diuretik yang memiliki fungsi untuk membuang kelebihan cairan di dalam tubuh)
  • Isotretinoin

Namun menggunakan resep yang telah direkomendasikan oleh dokter ahli kulit saja belumlah cukup, anda juga harus mendukungnya dengan sejumlah perawatan-perawatan mandiri. Adapun beberapa perawatan mandiri yang dimaksudkan sebelumnya meliputi:

Hindari memencet jerawat

Terkadag beberapa orang berpikir bahwa memecahkan jerawat dapat menjadi solusi untuk menghilangkannya dari wajah, namun hal tersebut justru dapat memperparah keadaan. Memencet atau memecahkan jerawat dapat menyebabkan infeksi dan juga meninggalkan bekas luka yang buruk pada wajah.

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Untuk orang yang memiliki masalah jerawat kistik ini disarankan untuk hanya mencuci wajah sebanyak 2 by TermTrident” href=”#99641918″> hingga 3 kali dalam sehari dengan menggunakan sabun ataupun pembersiha wajah. Dianjurkan juga untuk mencuci wajah dengan menggunakan air hangat.

Menghindari menggunakan make up dengan kandungan minyak

Jerawat dapat terjadi dikarenakan adanya penyumbatan minyak, kotoran dan lainnya di pori-pori kulit. Penggunaan make up berbahan minyak dapat membuat jerawat semakin meradang, anda disarankan untuk menggunakan make berbahan air dan juga bersifat non-comedogenic.

Itulah beberapa kilas mengenai cara mengatasi jerawat kistik yang kiranya perlu anda ketahui jika mengalami masalah kulit ini.