Cara Mengatasi Komedo Dan Jerawat

Cara Mengatasi Komedo Dan Jerawat, Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang Whithead (Komedo Tertutup) dan Blackhead (komedo terbuka). Komedo merupakan awal terjadinya jerawat, Jerawat berkembang pada folikel rambut dimana terdapat kelenjar sebaceous yang melekat pada folikel tersebut. Kelenjar sebaceous menghasilkan lemak minyak yang disebut sebum. Pada kondisi tertentu, kelenjar minyak menghasilkan sebum yang berlebihan, menimbulkan sisik pada folikel rambut, menyumbat pori-pori kulit, menghasilkan komedo sehingga menjadi awal terbentuknya jerawat.

Cara Mengatasi Komedo Dan Jerawat
Cara Mengatasi Komedo Dan Jerawat

Tahap awal penyumbatan pada pori-pori kulit membentuk komedo tertutup dan terbuka. Komedo merupakan folikel sebaceous yang dipenuhi dan terisi oleh sebum, penumpukkan sel kulit mati dan kotoran.

Komedo terjadi karena pori-pori tersumbat, Komedo terbagi menjadi 2 macam yaitu Whitehead dan blackhead.

Whitehead, biasa disebut dengan komedo tertutup, komedo ini memiliki penampakan berupa tonjolan putih kecil di permukaan kulit. Biasa terjadi di area wajah tertentu terutama di area T pada wajah.

Baca: Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami dan Tepat

Blackhead, biasa disebut dengan komedo terbuka, komedo jenis ini memiliki penampakan berupa bintik-bintik hitam di permukaan kulit, biasa terjadi di daerah hidung.

Cara mengatasi Whitehead dan Blackhead

Lalu sebaiknya apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi komedo terbuka dan komeo tertutup yang telah muncul di wajah / tubuh kita? Yang harus kita ingat, komedo berpotensi menyebabkan jerawat membandel, maka perlu penanganan secara hati-hati. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan adalah:

Jangan memencet komedo, Kita mungkin tidak akan tahan jika memiliki komedo diwajah sehingga biasanya akan langsung memencet dengan tangan untuk mengeluarkan komedo tersebut. Sebaiknya hindari cara ini, tahan keinginan kita untuk segera mengeluarkan komedo karena memencet komedo dengan tangan dalam kondisi tidak steril akan memicu terjadinya infeksi penyebab jerawat, bahkan cara ini bisa menimbulkan bekas luka permanen di wajah kita, tentu hal ini tidak kita harapkan karena bekas jerawat akan memperjelek penampilan kita.

Gunakan plester pengangkat komedo jika tipe komedo di wajah kita merupakan komedo terbuka, cara ini menjadi pilihan yang bagus meskipun tidak sepenuhnya dapat mengangkat komedo yang ada. Pertama bersihkan area wajah yang berkomedo, tempelkan plester anti komedo, diamkan beberapa saat, angkat, tepuk-tepuk area tersebut dengan handuk yang dibasahi air hangat.

Bersihkan wajah secara teratur, wajah harus dibersihkan dengan lembut memakai sabun ringan secara teratur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran dan kelebihan sebum di kulit. Setelah itu gunakan handuk bersih dan air hangat, tepuk-tepuk pelan dan rata pada area wajah untuk memperlancar peredaran darah.

Gunakan krim anti jerawat jika komedo telah menjadi jerawat.

Jika anda merasa kondisi telah parah, segera pergi ke dokter kulit untuk menjalani pengobatan.

Jika banyak jerawat telah terbentuk an susah untuk diobati, maka pakailah Paket Bersih Wajah, Dalam paket ini terdapat kapsul dan serum untuk mengobati jerawat dari dalam dan luar tubuh. Kapsul akan membantu membersihkan darah kotor dari dalam tubuh, serum akan mengobati jerawat dan bekasnya dari luar tubuh.