Cara Merawat Rambut Rontok Dan Berketombe

Ketombe pastinya membuat kepala terasa gatal, dan jika Anda menggaruknya, maka ketombe akan berjatuhan. Walaupun ketombe memang tidak berbahaya, namun kejadian semacam ini pastinya amat memalukan. Apalagi, kita memiliki rambut berwarna hitam sehingga ketombe akan mudah terlihat. Jika ketombe Anda semakin parah, maka rambutpun akan ikut-ikutan rontok.  Kita bahas cara merawat rambut rontok dan berketombe yang sering jadi masalah pada rambut Anda.

Cara Merawat Rambut Rontok Dan Berketombe

Cara Merawat Rambut Rontok Dan Berketombe

Penyebab Ketombe

Paling tidak ada 4 macam penyebab ketombe yang biasa ditemui, yaitu:

  1. Jamur
    Jamur di kepala? Jangan takut mendengarnya karena sebenarnya kita semua memiliki jamur di kepala kita. Dalam jumlah yang normal, jamur justru membantu kita untuk menyerap minyak yang dihasilkan kulit kepala. Namun demikian, jika jumlah jamur mencapai jumlah yang diatas normal, maka kita akan mengalami berbagai gangguan di kulit kepala seperti rasa gatal, iritasi dan pengelupasan kulit kepala. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat mengganti shampoo yang biasa Anda gunakan dengan shampoo anti ketombe. Shampoo anti ketombe memiliki dua kandungan wajib, yaitu selenium sulphide dan anti jamur untuk mengurangi jumlah jamur pada kulit kepala anda.
  2. Kelainan Kulit
    Berbagai kelainan kulit kepala biasanya juga menyebabkan ketombe. Beberapa kelainan tersebut antara lain adalah psoriasis dan juga eksim. Penyakit yang menyerang kulit kepala tersebut biasanya membuat kulit kepala menjadi kering, berketombe dan rontok.
  3. Alergi
    Alergi mungkin disebabkan oleh produk yang tidak sesuai dengan kulit kepala Anda. Jika demikian, gantilah shampoo dan conditioner Anda untuk meredakan ketombe.
  4. Perawatan yang Salah
    Salah satu perawatan yang salah adalah kebiasaan menyisir rambut terlalu sering. Ini akan menyebabkan rontoknya sel kulit mati yang dibutuhkan oleh kulit kepala. Menyisir rambut terlalu sering juga akan menyebabkan kerontokan. Jika akar rambut sering ditarik-tarik oleh aktifitas menyisir, maka akan semakin banyak pula rambut yang akan rontok.

Cara merawat rambut

Jika Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda dengan mudah dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe serta kerontokan dengan berbagai cara merawat rambut rontok dan berketombe di bawah ini:

  1. Identifikasikan penyebab kerontokan dan ketombe Anda.
    Kerontokan bisa disebabkan oleh ketombe dan ketombe bisa disebabkan oleh salah satu dari kelima penyebab di atas. Jika Anda bisa mengidentifikasikan  masalah pada rambut Anda, maka anda akan lebih mudah untuk mengobatinya. Tanpa hasil identifikasi ini, Anda tidak dapat melakukan perawatan yang benar sehingga masalah rambut tidak akan hilang.
  2. Gunakan produk rambut yang sesuai
    Jika Anda mengalami masalah jamur ataupun alergi, maka Anda dapat mengganti produk rambut yang Anda gunakan dengan yang lebih sesuai. Kalau Anda tidak merasa yakin atas produk yang sesuai, maka Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter kulit Anda.
  3. Banyaklah membaca
    Dengan demikian, Anda bisa menghindari berbagai perawatan rambut yang salah. Perawatan yang salah tidak membuat rambut Anda semakin indah, malahan akan sebaliknya.
  4. Luangkan waktu untuk melakukan berbagai perawatan ekstra bagi rambut Anda.
    Paling tidak sebulan sekali, rambut Anda pantas untuk dimanjakan dengan berbagai perawatan di salon kecantikan. Apalagi, jika terbiasa melakukan berbagai hal yang dapat merusak rambut seperti mengecat rambut dan mencatok. Ini akan membuat rambut Anda kering dan patah.
  5. Berikan perhatian ekstra
    Bisa dilakukan dengan cara setiap harinya mencuci rambut secara rutin dan menggunakan vitamin serta hair tonic untuk menjaga keindahan rambut.