Efek Bahaya Memencet Jerawat Sendiri

Efek Bahaya Memencet Jerawat Sendiri.Beberapa wanita dalam masa pubertas atau remaja biasanya tidak sabar dengan masalah jerawat pada wajah. Mereka biasanya memencet jerawat agar cairan putih dalam jerawat cepat keluar dan jerawat dapat hilang. Cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan jerawat karena bekas pencetan biasanya berwarna hitam. Selain itu, di beberapa kasus, pemencetan jerawat malah membuat jerawat bertambah parah. Jerawat bisa muncul lebih banyak dan lebih besar dari sebelumnya. Pastinya ini membuat wajah anda lebih jelek dan terlihat kotor.

Efek Bahaya Memencet Jerawat Sendiri
Efek Bahaya Memencet Jerawat Sendiri

Parahnya masalah di wajah diakibatkan karena adanya efek memencet jerawat sendiri. Memencet jerawat sebaiknya dihindari apabila tidak ingin terkena masalah lebih jauh pada wajah. Anda pasti tidak ingin mengalami masalah wajah yang serius karena memencet jerawat sendiri. Beberapa remaja yang ceroboh dan kurang berhati-hati dalam menangani jerawat bisa menyebabkan timbulnya banyak jerawat di wajah. Jika sudah begitu, penyembuhan jerawat bisa berlangsung lebih lama lagi Cara satu-satunya yang bisa menjadi solusi untuk wajah yang penuh jerawat adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan perawatan yang tepat untuk wajah.

Efek Memencet Jerawat Sendiri

1.     Pendarahan

Jerawat yang dipencet bisa menyebabkan pendarahan. Hal ini menyebabkan pori-pori terbuka. Pendarahan bisa menyebabkan masuknya bakteri. Dengan begitu, darah putih akan memerangi bakteri. Darah yang kering bisa menyebabkan bekas luka. Bila belum kering benar, jerawat bisa muncul lagi di bekas luka.

2.     Infeksi

Pori-pori yang terbuka dan pendarahan bisa menyebabkan infeksi. Infeksi ini di banyak kasus akan memperparah jerawat dan membuat jerawat muncul lagi di area di dekat jerawat yang dipencet. Infeksi juga bisa menyebabkan kulit di sekitar jerawat meradang dan berwarna kemerahan.

3.     Iritasi

Iritasi bisa terjadi sebagai efek memencet jerawat sendiri. Iritasi seperti kulit kemerahan akan segera muncul setelah anda memencet jerawat. Dengan begitu, jerawat akan muncul lagi lebih banyak.

Baca: Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

4.     Bekas luka

Bekas luka akan muncul sebagai efek memencet jerawat sendiri. Bekas luka ini bisa berupa kecoklatan atau kehitaman. Bekas luka karena jerawat dipencet biasanya susah dihilangkan. Jika pun bisa dihilangkan memerlukan waktu yang lama. Bekas luka yang belum terlalu kering dan terkena bakteri atau kotoran bisa mnyebabkan timbulnya jerawat baru yang lebih parah.Dalam beberapa kasus, penyakit kulit bisa timbul sebagai efek memencet jerawat sendiri. Ini dikarenakan tidak sterilnya kuku atau alat yang digunakan untuk memencet jerawat.

Cara yang paling ampuh dan tidak mempunyai efek samping adalah dengan menggunakan sabun muka khusus untuk wajah berjerawat. Banyak produk sabun pencuci muka yang dijual di pasaran dengan kualitas bagus. Anda bisa memilihnya berdasarkan jenis kulit anda. Cara lain agar anda terhindar dari efek memencet jerawat sendiri adalah dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Beberapa bahan alami seperti madu, tomat, mentimun, dan kunyit sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa membaca di buku herbal atau informasi di internet tentang tata cara penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Selain menghilangkan jerawat dengan mencuci menggunakan sabun atau menggunakan bahan alami, anda juga harus mengatur kebiasaan sehari-hari agar lebih sehat. Usahakan anda cukup minum air putih agar organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan kelebihan minyak bisa dikeluarkan oleh tubuh.

Selain cukup minum air putih, anda juga harus memperbanyak sayur dan buah serta menghindari makanan berlemak. Lemak merupakan sumber utama penyebab jerawat. Jika anda menghindarinya, maka jerawat akan cepat sembuh dan hilang.

Jika jerawat muncul, jangan panik dan jangan memencet jerawat karena efek memencet jerawat sendiri akan memperparah jerawat anda. Selain melakukan pengobatan, anda bisa beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat efektif untuk membantu menghilangkan jerawat. Anda juga bisa berolahraga secara teratur agar jerawat cepat sembuh.

Olahraga membantu tubuh untuk mengeluarkan keringat dan racun. Dengan begitu, masalah wajah bisa teratasi dengan cepat. Anda bisa membandingkan orang yang berolahraga secara teratur dan tidak. Orang yang berolahraga secara treatur akan memiliki lebih sedikit masalah wajah seperti jerawat. Coba dan buktikan sendiri.