Jenis Bekas Jerawat yang Sangat Mengganggu pada Wajah

Jenis Bekas Jerawat yang Sangat Mengganggu pada Wajah.Tidak peduli siapa yang memiliki jerawat, jerawat bisa memiliki efek fisik jangka panjang. Lesi jerawat bisa meninggalkan bekas luka permanen pada kulit si penderita jerawat. Saat folikel rambut tersumbat dan mulai terinfeksi, dan tubuh mengirim sel-sel darah putih dan bahan anti bodi yang kuat untuk mengobati infeksi, pembengkakan penyebab jaringan di sekitar folikel yang terinfeksi menjadi rusak. Dalam banyak kasus, setelah infeksi hilang, jaringan kulit sudah terlalu rusak untuk bisa kembali ke kondisi normal. Kerusakan ini muncul dalam dua jenis yang berbeda dari bekas jerawat, bekas luka yang disebabkan oleh peningkatan pembentukan jaringan dan bekas luka yang disebabkan oleh hilangnya jaringan.

Jenis Bekas Jerawat yang Sangat Mengganggu pada Wajah
Jenis Bekas Jerawat yang Sangat Mengganggu pada Wajah

Bekas luka yang disebabkan oleh pembentukan jaringan yang meningkat disebut bekas luka keloid. Bekas luka keloid terbentuk saat kulit merespon cedera jaringan dengan memproduksi kolagen lebih banyak dari biasanya, kolagen sendiri adalah suatu zat yang berperan penting dalam meregenerasi kulit kita. Terlalu banyak kolagen bisa menyebabkan produksi jaringan secara berlebihan. Karena jaringan yang diproduksi terlalu berlebihan, maka jaringan kulit yang terbentuk biasanya lebih banyak dari daerah yang rusak itu sendiri. Pada akhirnya, bekas luka keloid tadi akan menjadi benjolan yang tampak seperti daging tumbuh, tampak mengkilap, dan seperti daging benjolan berwarna.

Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang disebabkan oleh hilangnya jaringan terjadi saat tubuh tidak mampu untuk benar-benar membangun kembali jaringan kulit yang rusak, bekas luka ini akan membuat kulit berlubang dan biasa disebut sebagai bekas luka ice-pick, membentuk depresi lembut dengan tepi mengerut. Bekas luka ini ukurannya bisa berukuran sangat kecil, namun juga bisa berukuran diameter lebih dari satu sentimeter.

Bekas luka ini sebenarnya tak hanya muncul karena jerawat, tapi juga bisa muncul karena bekas luka lain seperti operasi, tusukan, tersayat pisau, dan hal lainnya yang bisa mengakibatkan luka pada kulit. Namun untuk kasus jerawat, biasanya bekas luka yang umum atau biasanya muncul adalah bekas luka ice-pick (karena hilangnya jaringan), inilah jenis bekas luka yang paling umum muncul sebagai bekas luka jerawat dan biasanya ditemukan pada wajah, punggung, dan bahu.

Baca: Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

Untungnya, tidak setiap orang yang memiliki jerawat memiliki bekas jerawat. Dokter tidak bisa memprediksi secara akurat atau setidaknya menilai seseorang yang memiliki jerawat akan memiliki bekas luka jerawat atau tidak. Namun, dalam banyak kasus, tingkat keparahan jerawat yang meningkat pada seseorang akan berpengaruh terhadap jumlah kerusakan jaringan, yang tentu saja bisa meningkatkan resiko munculnya bekas jerawat. Karena bekas jerawat merupakan salah satu efek fisik dari jaringan yang rusak, orang yang menderita kerusakan jaringan paling parah-lah yang paling berisiko memiliki bekas jerawat. Umumnya, ini adalah individu dengan kasus jerawat yang parah.

Menghilangkan bekas jerawat lebih sulit dari pada menghilangkan jerawat itu sendiri. Jerawat memang bisa sembuh sendiri bahkan meski tidak di obati sekalipun. Namun jerawat bisa meninggalkan kenang – kenangan kepada anda berupa bekas luka jerawat yang lebih sulit untuk di hilangkan. Menghilangkan bekas jerawat sangat sulit, bahkan beratus-ratus kali lebih sulit dari pada menghilangkan jerawat. Bahkan ada bekas jerawat yang tidak bisa dihilangkan seumur hidup. Meski begitu, tidak perlu khawatir Karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa mencegah bekas jerawat. Salah satunya adalah jangan menyentuh jerawat anda dengan tangan kotor anda apalagi sampai memencetnya. Tentu saja, itu hanya satu dari beberapa cara yang tersedia untuk mencegah jerawat meninggalkan bekas. Dilain kesempatan akan kita bahas berbagai cara mencegah bekas jerawat di kulit.