Jenis-jenis Puasa berdasarkan Manfaatnya

Jenis-jenis Puasa berdasarkan Manfaatnya Selamat siang masih dalam suasana bulan nan suci ramadhan yang penuh berkah, puasa sendiri dapat diartikan sebagai kondisi dimana kita tidak deperbolehkan makan atau minum pada waktu tertentu misalnya dari terbit matahari sampai terbenanya matahari.

Jenis-jenis Puasa berdasarkan Manfaatnya

Jenis-jenis Puasa berdasarkan Manfaatnya

Nah untuk lebih jelasnya yuk simak tips dibawah ya..

1. Puasa Religius.
Puasa religius adalah dimana kita menjalankan puasa dengan dasar agama ataupu kepercayaan. Biasanya kondisi ini dijalankan oleh penganut agama (islam) dengan tidak makan dan minum diwaktu tertentu, misalnya tidak makan dan tidak minum dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Selain itu ada juga puasa yang mewajibkan penganutnya berhenti makan makanan favoritnya dalam waktu tertentu seperti misalnya daging, susu, telur dll.

2. Puasa untuk keperluan medis.
Terlepas dari puasa relegi ada juga loh puasa yang bertujuan untuk keperluan medis, jenis puasa ini biasa dilakukan pasien yang akan enjalani operasi, yang enharuskan si pasien diharuskan puasa untuk beberapa waktu, puasa ini biasanya dilakukan 8 jam atau lebih sebelum dilakukan operasi.

3. Puasa untuk detoks tubuh.
Puasa ini banyak sekali dilakukan terutama pada kaum wanita, tujuanya sudah jelas untuk mengeluarkan racun-racun yang hinggap dalam tubuh, akan tetapi sampai saat ini belum terbukti pengaruh puasa jenis ini.

Selain jenis puasa diatas sekarang ini banyak sekali orang yang berpuasa untuk tujuan menurukan berat badan atau diet, akanĀ  tetapijenis puasa ini dapat memperlambat metabolisme tubuh kita. Karena, saat kita menjalankan puasa tubuh tidak mendapatkan banyak bahan bakar yang berasal dari makanan atau minuman pada akhirnya tubuh akan berusaha bertahan dengan cara memperlambat metabolise tubuh.

Memang pada dasrnya puasa yang dilakukan dengan tujuan diet tidaklah bisa embakar kalori dalam tubuh dengan cepat. Hal ini karena disebabkan yang berkurang bukan lemak tubuh melainkan air dan otot.
Nah cara satu-satunya agar suaya dapat menurunkan berat badan adalah dengan cara mengontrol makanan dan minuman saat kita berbuka puasa dan pada saat sahur. Selain itu andapun harus mengontrol makanan yang masuk pada saat anda berbuka artinya jangan berlebihan ya..

Dengan cara tersebut lemak akan berkurang dengan cara mengurangi kalori yang masuk kedalam tubuh kita.
Nah jangan sampai puasa yang anda lakukan emperlambat metabolisme tubuh ya? Semoga Bermanfaat.