Kelebihan Kekurangan Sabun Cair dan Sabun Batang

Kelebihan kekurangan sabun cair dan sabun batang. Mencuci wajah merupakan rutinitas yang sudah anda lakukan sejak kecil. Anda mencuci wajah setiap bangun dan sebelum tidur untuk membersihkan kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas ataupun untuk mencuci kelebihan minyak alami yang diproduksi pada wajah anda. Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih mencuci wajah  menggunakan sabun cair. Hal ini karena sabun cair dirasakan jauh lebih praktis dan higienis. Walaupun demikian banyak juga yang tetap menggunakan sabun batang. Sebenarnya apakah perbedaan keduanya?? Manakah yang lebih baik??

Kelebihan Kekurangan Sabun Cair dan Sabun Batang

Kelebihan Kekurangan Sabun Cair dan Sabun Batang

Sabun batang

Sabun batangan biasanya harganya lebih murah dibandingkan sabun cair dan biasanya menghasilkan busa yang lebih banyak. Masalahya adalah sabun batang bisa saja merusak kulit karena sebagian besar sabun batang bersifat basa (alkali) dan memiliki pH yang lebih tinggi dibandingkan pH alami kulit yang biasanya agak sedikit asam. Karena kondisi kulit yang basa biasanya akan merangsang pertumbuhan jerawat yang disebabkan oleh bakteri, penggunaan sabun batangan biasanya akan membuat jerawat bertambah parah.

Sebagai tambahan pH yang tinggi juga dapat mengganggu keseimbangan alami kulit sehingga kulit akan semakin bertambah kering.  Jika kamu memang lebih senang menggunakan sabun batangan ketimbang sabun cair , sebaiknya pilih sabun yang  lembut dan tidak membuat kulit kering. Jika kulit anda sensitif atau gampang merah dan gatal, cobalah untuk menghindari  sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate yang biasanya dapat dengan mudah mengiritasi kulit.

Baca: Tips Menjaga Kecantikan Wajah Secara Alami

Kelemahan lain dari sabun batangan adalah karena terbuka sehingga mudah ditempeli kuman. Sabun batangan juga sering diletakkan di wadah yang tergenang air  sehingga lebih gampang terkontaminasi bakteri. Selain itu apabila digunakan oleh tangan yang kotor ada kemungkinan bakteri malah akan menempel di sabun.

Sabun Cair

Sabun cair mungkin harganya jauh lebih mahal, akan tetapi kandungannya jauh lebih ramah untuk kulit. Selain itu sabun cair memiliki pH yang mendekati pH alami kulit. Untuk kulit berminyak, pilihlah sabun cair yang berbentuk gel karena dapat menyerap minyak  dan membersihkan make up lebih bersih. Di masa yang modern seperti sekarang ini, sabun cair banyak dipilih karena sangat praktis dan lebih higienis. Hal ini karena kemasannya yang tertutup sehingga tidak gampang dihinggapi bakteri. Akan tetapi bukan berarti sabun cair tidak memiliki kelemahan. Salah satunya adalah wewangian yang terkandung di dalam sabun cair mungkin dapat mengiritasi kulit yang sensitif.

Demikian review singkat mengenai kelebihan kekurangan sabun cair dan sabun batang. Semoga bermanfaat