Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi.Jerawat merupakan musuh terbesar wanita. Jerawat bisa menyebabkan sumber ketidakpercayaan diri bagi wanita. Hal ini dikarenakan wanita tidak bisa menggunakan make up dengan benar dan wajah tampak kotor dengan jerawat. Selain itu, jerawat juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, mereka melakukan banyak cara baik menggunakan bahan alami atau menggunakan produk penghilang jerawat. Agar jerawat tidak kambuh lagi, banyak cara bisa dilakukan misalnya dengan menghindari penyebab jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi
Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Kurangi

Tidak hanya debu dan kotoran saja yang bisa menyebabkan jerawat, ternyata makanan penyebab jerawat pun ada. Anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih makanan sehingga jerawat tidak akan muncul lagi.Anda tidak perlu menghindari semua jenis makanan penyebab jerawat karena beberapa bahan makanan itu bisa dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi anda bisa mengurangi porsinya dan mengganti dengan makanan lain yang lebih sehat. Jika anda sedang terkena jerawat parah, akan lebih baik jika anda tidak mengkonsumsinya untuk sementara waktu agar tidak memperparah jerawat anda.

Makanan Penyebab Jerawat

  1. Gula

Gula adalah sumber utama makanan penyebab jerawat. Penelitian telah membuktikan bahwa gula bisa memicu timbulnya hormon androgen yang menyebabkan kulit berminyak dan menimbulkan jerawat. Kurangi konsumsi gula jika tidak ingin timbul masalah jerawat. Anda bisa mulai mengguanakan gaya hidup sehat dengan minum teh tanpa gula, tidak makan makanan yang manis, memperbanyak sayur dan buah serta minum air putih yang banyak.

2. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang mempunyai kadar minyak yang tinggi. Memang kandungan protein yang terdapat dalam kacang-kacangan cukup tinggi, namun jika anda sedang berjerawat, sebaiknya kurangi konsumsi kacang agar tidak bertambah parah. Jenis kacang yang cepat menyebabkan jerawat karena kadar minyaknya tinggi adalah kacang tanah. Jika benar-benar menginginkan makan kacang, sebaiknya pilih yang pengolahannya dengan cara dioven agar kandungan minyaknya tidak bertambah banyak seperi yang diolah dengan digoreng.

3. Mie instan

Jangan meneruskan kebiasaan buruk mengkonsumsi mie instan saat lapar. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kandungan obat pengawat pada mie instan tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi terus menerus. Selaian itu, mie instan mengandung banyak minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Makanan penyebab jerawat ini sebaiknya anda hindari dan ganti dengan makan makanan lain yang lebih sehat. Jika ingin makan mie instan, anda bisa membuang minyaknya dan hanya menggunakan bumbu serta kecap dan saos.

Baca: Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami dan Tepat

4. Kelapa

Kelapa baik itu daging kelapa atau air kelapa mengandung kandungan minyak yang tinggi. Hindari makanan bersantan untuk mencegah timbulnya jerawat. Untuk anda penyuka es kelapa, anda bisa ganti dengan minum jus buah tanpa gula agar wajah anda terbebas dari jerawat. Semua makanan yang mengandung kelapa mempunyai kadar minyak yang tinggi. Jadi, selalu ingat itu dan hindari.

5. Gorengan

Segala jenis gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng, bakwan, pentol goreng, dan masih banyak lagi, merupakan sumber minyak yang utama. Anda bisa terkena masalah jerawat yang cukup parah bila terus menerus makan gorengan. Hindari makan gorengan dan beralihlah ke makanan sehat yang dikukus atau dioven. Jika perlu anda bisa membuat camilan sendiri seperti jus buah, potongan buah dicampur dengan keju, atau camilan yang lain. Dengan membuat camilan sendiri, anda bisa memastikan bahwa kadar minyaknya sedikit.

6. Kafein

Kafein telah terbiktu dapat memicu kelanjar adrenalin yang bisa menyebabkan stres. Stres bisa menjadi penyebab munculnya jerawat sehingga makanan penyebab jerawat seperti kopi sebaiknya anda hindari. Anda bisa beralih ke jus buah yang lebih sehat daripada minum kopi.

7. Kuning telur

Kandungan minyak pada kuning telur ternyata cukup tinggi. Anda sebaiknya menghindari kuning telur jika tidak ingin terkena masalah jerawat. Anda bisa memisahkan kuning telur dan putih telur serta hanya makan putih telurnya saja agar terhindar dari minyak. Putih telur justru mengandung protein lebih tinggi daipada kuning telur sehingga bagus untuk tubuh anda.

Masih banyak makanan penyebab jerawat yang patut anda hindari atau kurangi. Selektiflah dalam memilih makanan dan perbanyaklah sayur dan buah agar jerawat tidak mudah muncul dan badan anda bisa lebih sehat. Buah dan sayur juga cukup bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.