Penyebab dan Solusi Cara Mengobati Mata Merah

Penyebab dan solusi cara mengobati mata merah – Mata Merah, sebuah kondisi dimana permukaan bola mata berubah menjadi merah. Merahnya mata setiap penderita bisa jadi berbeda satu dengan lainnya, ada yang sedikit merah dan merah sekali. Namun perlu diperhatikan bahwa berbedanya warna merah tersebut tidak berhubungan dengan parah atau tidaknya penyakit yang diderita. Sebelum mengobati mata merah harus kita perhatikan keluhan dari penderitanya terlebih dahulu, apakah kondisi mata merahnya disertai dengan keluhan sakit kepala, mual-mual, muntah, atau disertai dengan terjadinya gangguan penglihatan.

Penyebab dan Solusi Cara Mengobati Mata Merah

Penyebab dan Solusi Cara Mengobati Mata Merah

Mengobati mata merah memang harus hati-hati, karena jika kita salah membeli obat tentu akan berakibat fatal yaitu bisa membuat penglihatan menjadi kabur bahkan bisa terjadi kebutaan. Untuk itu perlu kita ketahui terlebih dahulu jenis dan penyebab terjadinya kemerahan pada mata.

1. Mata merah akibat peradangan
Peradangan atau inflamasi yang terjadi pada selaput (konjungtiva) yang menutupi putih mata serta bagian dalam kelopak mata akan menimbulkan mata menjadi merah, gatal, belekan, serta terasa mengganjal.

2. Mata merah blefaritis
Blefaritis merupakan infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan pada bagian kelopak mata dan bulu mata. Blefaritis akan membuat kelopak mata menjadi merah, rasa panas, ketidaknyamanan pada mata, timbul kerak di rambut mata, gatal. Penderita blefaritis yang sudah parah dapat mengakibatkan ulkus (borok) pada bagian kornea mata (wikipedia).

3. Mata merah karena pendarahan pada konjungtiva
Merahnya mata juga bisa diakibatkan karena terjadinya pendarahan pada konjungtiva. Hal ini terjadi bisa dikarenakan kondisi trauma, pemakaian obat pengencer darah, batuk atau bersin dengan keras, dan mungkin terjadi karena tanpa sebab. Area luasnya mata merah, sesuai dengan luasnya konjungtiva yang berdarah.

4. Mata merah disertai borok pada kornea
Borok atau ulkus pada kornea juga akan mengakibatkan mata menjadi merah dan juga mengakibatkan penglihatan menjadi terganggu. Seperti yang sudah disebutkan diatas, borok pada kornea terjadi karena infeksi bakteri pada kelopak mata yang sudah parah, sehingga mengakibatkan luka. Jika kondisi ini tidak segera diobati, maka akan mengakibatkan kebutaan pada penderitanya. Gejala umum yang dapat kita lihat adalah kondisi mata merah disertai dengan menurunnya daya penglihatan dan kondisi mata menjadi terlihat keruh.

5. Mata merah uveitis
Kemerahan mata akibat uveitis, yaitu adanya peradangan pada jaringan uvea yang disebabkan oleh trauma, infeksi, proses autoimun, atau juga karena keganasan. Kondisi ini akan membuat mata menjadi merah dengan disertai rasa sakit, penglihatan menurun, dan silau.

6. Mata merah glaukoma akut
Glaukoma terjadi karena adanya peningkatan tekanan bola mata diatas 20mmHg secara mendadak, hipertensi, atau disebabkan diabetes meletus. Gejala yang diakbatkan glaucoma akut diantaranya adalah rasa sakit pada mata secara mendadak serta menjalar kebagian kepala dan disertai dengan rasa mual dan terkadang muntah, penglihatan menjadi buram yang berawal seperti melihat pelangi disaat melihat cahaya.

7. Mata merah endoftalmitis
Sebuah kondisi terjadinya infeksi didalam bola mata. Endoftalmitis biasanya didahului karena trauma tembus/tajam pada bola mata, borok kornea yang telah perforasi, atau karena adanya riwayat operasi mata sebelumnya. Gejala yang terjadi berupa mata merah, bengkak, sakit, dan menurunnya penglihatan.

Keadaan atau kondisi mata merah tentu akan sangat mengganggu, untuk itu perlu dilakukan pengobatan secara serius. Ada banyak obat yang bisa kita dapatkan dipasaran, namun kita harus hati-hati memilih produk dan cara penggunaannya, karena dapat berdampak buruk khususnya obat yang mengandung steroid. Untuk itu sebagai pertolongan pertama, cobalah mengobati mata merah dengan cara berikut:

1. Kompres es
Mengompres mata menggunakan es batu setidaknya akan meringankan sakit pada mata kita terutama mata merah yang diakibatkan alergi . Caranya adalah dengan menempelkan es batu ke bagian kelopak mata.

2. Kompres dengan air hangat
Selain dengan es batu, anda juga dapat mengompres dengan air hangat. Caranya dengan membasahi kain/tisu dengan air hangat, kemudian tempelkan pada bagian mata yang sakit. Pengompresan ini berguna bagi mata merah yang disebabkan virus atau bakteri.

Itulah cara mengobati mata merah yang dapat anda lakukan. Jika setelah melakukan perawatan tersebut belum juga sembuh atau bahkan bertambah parah, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter mata. Ingat juga jangan lakukan pengobatan mata merah yang belum terbukti secara klinis, misalnya dengan daun sirih, bunga mawar, kembang teleng, atau obat mata berbahan madu.